anggota 4

RIZKY ISNAIN
5115092521
Teknik Elektro '09

Judul Skripsi:
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR (PPM) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
BUDI PRABOWO WIJAYANTO
5115 01 0026

TUGAS 1 BAHASA INDONESIA
(kerangka karangan / ulasan sebanyak 100 kata beserta 5 sumber dan
hasil unduhan dari internet mengenai materi yang berhubungan dengan ulasan)
( Tugas 1 Ini Ditulis Sebagai Tugas Individu Mata Kuliah Bahasa Indonesia )
DIKUTIP DARI SKRIPSI :
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR (PPM) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
BUDI PRABOWO WIJAYANTO
5115 01 0026

KERANGKA KARANGAN
“Pendidikan adalah cermin dari kualitas bangsa”, itulah sebuah iklan pendidikan yang pernah ditayangkan di televisi. Hal tersebut bermaksud menyadarkan kepada semua elemen bangsa ini bahwa sebenarnya, pendidikan harus ditempatkan kepada posisi yang sangat tinggi karena “cerdas” tidaknya suatu bangsa sangat ditentukan sejauh mana keberhasilan pendidikan di bangsa tersebut. Pendidikan adalah bagian penting dari kehidupan manusia, karena pendidikan ikut menentukan keberhasilan setiap insan manusia. Melalui pendidikan pula kredibilitas sebuah Negara bias dipertaruhkan, karena pendidikan begitu menentukan kecerdasan bangsa suatu Negara tak terkecuali bangsa Indonesia.

SUMBER
Arikunto, Suharsimi., Dasar – dasar evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2002
Arikunto, Suharsimi., Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 1990
Arikunto, Suharsimi., prosedur penelitian,Jakarta : Rineka Cipta, 1998
Bahar, Achmad., Penuntun Praktis Cara Belajar dan Mengajar, Surabaya : Karya Utama, 1987
Bolton, William., Programmable Logic Controller (PLC), Jakarta : Erlangga, 2004

ABSTRAK
BUDI PRABOWO WIJAYANTO, KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR (PPM) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC), Jakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2007
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan belajar mata kuliah Penggunaan dan Pengaturan Motor (PPM) dengan kemampuan belajar mata kuliah Programmable Logic Controller (PLC). Hipotesis penelitian ini adalah diduga terdapat korelasi antara kemampuan belajar mata kuliah Penggunaan dan Pengaturan Motor (PPM) dengan kemampuan belajar mata kuliah Programmable Logic Controller (PLC).
Penelitian ini dilakukan di lingkungan Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (S1). Sampel yang diambil sebanyak 30 orang mahasiswa Angkatan 2001 – 2003. Instrumen penenlitian yang akan digunakan adalah tes tertulis berbentuk soal pilihan ganda dengan skor satu untuk jawaban benar dan nol untuk jawaban salah. Reliabilitas yang didapat adalah 0,923 untuk PPM dan 0,093 untuk PLC.
Hasil penelitian menunjukkan skor tertinggi untuk nilai kemampuan belajar PPM adalah 39, skor terendah adalah 11, rata – rata 29,73 dan simpangan baku 8,68. Uji normalitas dengan uji liliefors dengan taraf signifikasi α = 0,05 diperoleh Lhitung 0,1423 dan Ltabel 0,161. karena Lhitung < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel kemampuan belajar PPM berdistribusi normal. Data kemampuan belajar mata kuliah PLC menunjukkan skor tertinggi adalah 36, skor terendah adalah 8, rata-rata 20,3 dan simpangan baku 8,25. Uji homogenitas sampel menggunakan uji Bartlett dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh X2hitung = 0,023 dan X2tabel = 26,3. Karena X2hitung ≤ X2tabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel kemampuan belajar PPM dan kemampuan belajar mata kuliah PLC homogeny. Uji linieritas dengan taraf signifikan a = 0,05 diperoleh hasil Fhitung = 1,73 dan Ftabel = 2,63. Karena Fhitung ≤ Ftabel maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan belajar PPM dan kemampuan belajar mata kuliah PLC adalah linier. Pengujian hipotesis dengan product moment diperoleh hasil koefisien korelasi rxy = 0,91 serta diperoleh persamaan regresi Y = -5,39 + 0,86 X. Uji t pada taraf signifikasi α = 0,05 diperoleh thitung= 11,51 dan ttabel= 1,70. Karena thitung (11,51) > ttabel (1,70) maka dapat disimpulkan terdapat korelasi positif antara kemampuan belajar pada mata kuliah PLC.

TUGAS 2 BAHASA INDONESIA
( penggunaan EYD pada isi, catatan kaki dan daftar pustaka )
( Tugas 2 ini Ditulis Sebagai Tugas Individu Mata Kuliah Bahasa Indonesia )
DIKUTIP DARI SKRIPSI :
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR (PPM) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
BUDI PRABOWO WIJAYANTO
5115 01 0026

PERBAIKAN EYD PADA BAGIAN ISI
• “Pendidikan adalah cermin dari kualitas bangsa”, itulah sebuah iklan pendidikan yang pernah ditayangkan di televisi.
Perbaikan :
setelah keterangan “Pendidikan adalah cermin dari kualitas bangsa” seharusnya tidak perlu tanda koma.
(seharusnya) “Pendidikan adalah cermin dari kualitas bangsa” itulah sebuah iklan pendidikan yang pernah ditayangkan di televisi.

• karena pendidikan begitu menentukan kecerdasan bangsa suatu Negara tak terkecuali bangsa Indonesia.
Perbaikan :
Terdapat kata yang tidak baku, yaitu ‘tak’ , dapat diganti dengan kata tidak.
(seharusnya) karena pendidikan begitu menentukan kecerdasan bangsa suatu Negara tidak terkecuali bangsa Indonesia.

PERBAIKAN EYD PADA BAGIAN CATATAN KAKI DAN DAFTAR PUSTAKA
Pada catatan kaki :
• Arikunto, Suharsimi., Dasar – dasar evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2002
Perbaikan:
tidak ada halaman di akhir catatan kaki
( seharusnya ) Arikunto, Suharsimi., Dasar – dasar evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara, 2002 h. xx

Pada daftar pustaka :
• Bolton, William., Programmable Logic Controller (PLC), Jakarta : Erlangga 2004
setelah penerbit ‘Erlangga’ diberi tanda koma kemudian baru tahun terbit
( seharusnya ) Bolton, William., Programmable Logic Controller (PLC), Jakarta : Erlangga, 2004

• Bahar, Achmad., Penuntun Praktis Cara Belajar dan Mengajar, Surabaya : Karya Utama, 1987
Judul buku seharusnya tidak perlu memakai garis bawah
( seharusnya )Bahar, Achmad., Penuntun Praktis Cara Belajar dan Mengajar, Surabaya : Karya Utama, 1987

TUGAS 3 BAHASA INDONESIA
(5 istilah dibidang teknik elektro yang berasal dari bahasa asing)
(Tugas 3 Ini Ditulis Sebagai Tugas Individu Mata Kuliah Bahasa Indonesia)
DIKUTIP DARI SKRIPSI :
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR (PPM) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
BUDI PRABOWO WIJAYANTO
5115 01 0026

• istilah asing = Jobsheet
arti = lembar kerja
• istilah asing = industry
arti = industri
• istilah asing = Training
arti = latihan
• istilah asing = magnetic contractor
arti = kontraktor magnetik
• istilah asing = product
arti = produk , hasil

TUGAS 4 BAHASA INDONESIA
(perbaikan kebahasaan pada bab 1 dan 2)
(Tugas 4 ini Ditulis Sebagai Tugas Individu Mata Kuliah Bahasa Indonesia)
DIKUTIP DARI SKRIPSI :
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR (PPM) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
BUDI PRABOWO WIJAYANTO
5115 01 0026

PERBAIKAN KEBAHASAAN PADA BAB 1 DAN 2
• Dari beberapa identifikasi masalah di atas, maka peneliti akan mencoba mentitikberatkan masalah pada keterkaitan ( korelasi ) antara kemampuan belajar mata kuliah PPM dengan kemampuan belajar mata kuliah PLC.
Perbaikan:
Seharusnya kata mentitikberatkan pada kalimat diatas dapat diganti menitikberatkan.

• Begitu banyak upaya yang dikerahkan guna meningkatkan kualitas pendidikan yang ada saat ini dan salah satunya adalah melalui lembaga – lembaga pendidikan baik yang formil maupun non – formil.
Perbaikan:
Seharusnya kata formil dan non – formil pada kalimat diatas dapat diganti formal dan non – formal.

• Belajar adalah proses perubahan dari belum mampu kea rah mampu dan proses itu terjadi selama jangka waktu tertentu. Adanya prilaku itu menandakan telah terjadi belajar.
Perbaikan:
Seharusnya kata prilaku pada kalimat diatas dapat diganti perilaku

TUGAS 5 BAHASA INDONESIA
(perbaikan kebahasaan pada bab 3, 4, dan 5)
(Tugas 5 Ini Ditulis Sebagai Tugas Individu Mata Kuliah Bahasa Indonesia)
DIKUTIP DARI SKRIPSI :
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR (PPM) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)
BUDI PRABOWO WIJAYANTO
5115 01 0026

PERBAIKAN KEBAHASAAN PADA BAB 3, 4, DAN 5
• Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa mahasiswa jurusan teknik elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta Jakarta memiliki kemampuan belajar mata kuliah Penggunaan dan Pengaturan Motor yang cukup baik.
Perbaikan:
Dalam kalimat tersebut terdapat pengulangan dalam kata Universitas Negeri Jakarta Jakarta.
(seharusnya) Dari hasil penelitian memperlihatkan bahwa mahasiswa jurusan teknik elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta memiliki kemampuan belajar mata kuliah Penggunaan dan Pengaturan Motor yang cukup baik.

• Menganalisa tingkat kesukaran soal artinya mengkaji soal – soal tes dari segi kesulitannya sehingga dapat diperoleh soal – soal mana yang termasuk mudah, sedang dan sulit.
Perbaikan :
Dalam kalimat tersebut terdapat kata yang tidak baku, yaitu ‘kesukaran’ , dapat diganti dengan kata kesulitan.
(seharusnya) Menganalisa tingkat kesulitan soal artinya mengkaji soal – soal tes dari segi kesulitannya sehingga dapat diperoleh soal – soal mana yang termasuk mudah, sedang dan sulit.

• Menganalisa daya pembeda artinya mengkaji soal – soal tes dari segi kesangggupan tes tersebut dalam membedakan mahasiswa yang termasuk ke dalam kategori lemah atau rendah.
Perbaikan :
Dalam kalimat tersebut terdapat kesalahan dalam penulisan ‘kesangggupan’, dapat diganti menjadi ‘kesanggupan’. Dan juga pada kata ‘ke dalam’ seharusnya tidak pe;u diberi spasi, dapat diganti menjadi ‘kedalam’.
(seharusnya)Menganalisa daya pembeda artinya mengkaji soal – soal tes dari segi kesanggupan tes tersebut dalam membedakan mahasiswa yang termasuk kedalam kategori lemah atau rendah.




TUGAS  JURNAL

KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PENGGUNAAN DAN PENGATURAN MOTOR (PPM) DENGAN KEMAMPUAN BELAJAR MATA KULIAH PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)

Rizky Isnain
Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pend. Teknik Elektro
Drs. Readysal Monantun
Dosen Universitas Negeri Jakarta Program Studi Pend. Teknik Elektro

Abstract
This research aims to determine whether there is any correlation between the ability to learn subjects and settings Use Motor (PPM) with study skills courses Programmable Logic Controller (PLC).The hypotheses are suspected there is a correlation between the ability to learn subjects and settings Use Motor (PPM) with study skills courses Programmable Logic Controller (PLC). This research was conducted in Electrical Engineering Department, Faculty of Engineering, State University of Jakarta.The population in this study is the Student Educational StudiesProgram of Electrical Engineering (S1). Samples taken as many as 30 students Force from 2001 to 2003. Penenlitian instrument to be used is a written test in the form of multiple choice questionswith a score of one for the correct answer and zero for incorrect answers.

Key Word : PLC, PPM


PENDAHULUAN 

Begitu banyak keahlian yang ditawarkan di lembaga pendidikan seperti Universitas Negeri Jakarta dan salah satunya adalah bidang keahlian di bidang pendidikan teknik elektro. Mahasiswa strata satu pendidikan teknik elektro telah dibekali dan dipersiapkan untuk menjadi tenaga – tenaga pendidik yang bukan hanya mampu menyumbangkan khasanah pengetahuan bagi dirinya sendiri dan negaranya.
Begitu banyak spesifikasi keahlian ditawarkan agar mahasiswa/I dari lembaga yang bersangkutan mampu bersaing dan salah satunya adalah mata kuliah PLC (Programmable Logic Controller), yang merupakan salah satu mata kuliah wajib yang berkenaan dengan pengendalian motor listrik yang telah terprogram melalui komputer. Saat ini jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta mata kuliah PLC tersebut dilaksanakan secara prasyarat yakni mahasiswa/I boleh mengikuti kuliah PLC setelah mengikuti mata kuliah wajib seperti PPM (Penggunaan dan Pengaturan Motor). PPM merupakan mata kuliah yang didalamnya membahas mengenai pengendalian motor listrik secara otomatis dengan menggunakan kontraktor.
Berdasarkan hal itulah, peneliti mencoba meneliti mengenai keterkaitan mata kuliah PLC dan mata kuliah PPM melalui hasil belajar para mahasiswa/I pendidikan jurusan teknik elektro strata 1 baik yang sudah maupun yang belum mengambil mata kuliah PPm terlebih dahulu.


METODE
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi mengenai status suatu gejala yang ada, yaitu keadaan gejala menurut apa adanya pada saat penelitian dilakukan. Sedangkan untuk pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian korelasional.
Dalam metode ini, kemampuan belajar Penggunaan dan Pengaturan Motor (PPM) sebagai variabel bebas dan kemampuan belajar Programmable Logic Controller (PLC) sebagai variabel terikat.


HASIL
Hasil penelitian: Hasil variabel X (kemampuan belajar PPM) yaitu Lhitung = 0,1423 dan Ltabel = 0,161, sehingga Lhitung < Ltabel, artinya data variabel X berdistribusi normal. Sedangkan hasil pada variabel Y (kemampuan belajar PLC) yaitu Lhitung = 0,023 dan Ltabel = 26,3, sehingga Lhitung < Ltabel, yang berarti data variabel Y dan data variabel X homogen. PEMBAHASAN
Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kemampuan belajar Penggunaan dan Pengaturan Motor (PPM) dengan kemampuan belajar Programmable Logic Controller (PLC), hal ini berarti kemampuan belajar Penggunaan dan Pengaturan Motor (PPM) mempunyai dampak yang positif kepada kemampuan belajar Programmable Logic Controller (PLC) di Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik , Universitas Negeri Jakarta.


PENUTUP
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan belajar Penggunaan dan Pengaturan Motor (PPM) dengan kemampuan belajar Programmable Logic Controller (PLC). Maka dapat dikatakan bahwa kemampuan belajar mata kuliah Penggunaan dan Pengaturan Motor (PPM) memberikan korelasi yang cukup baik sehingga menjadi faktor penunjang bagi keberhasilan belajar atau kemampuan mahasiswa dalam perkuliahan Programmable Logic Controller.


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi., Manajemen Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta, 1990

Arikunto, Suharsimi., prosedur penelitian,Jakarta : Rineka Cipta, 1998

Bahar, Achmad., Penuntun Praktis Cara Belajar dan Mengajar, Surabaya : Karya Utama, 1987

Bolton, William., Programmable Logic Controller (PLC), Jakarta : Erlangga, 2004 



Untuk mendownload file-file diatas dapat klik disini